Materi Tentang Informatika

 Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural maupun artikulasial. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang terpecahkan.

• Kurikulum informatika terdiri atas 8 elemen yaitu; Berpikir komputasional(BK), Teknologi informasi dan komunikasi(TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktik Lintas Bidang (PLB). Kedelapan elemen tersebut erat kaitannya satu sama lain. 

• Selain berakar ke ilmu formal, Informatika juga berakar ke STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math). STEAM itu erat kaitannya satu sama lain.

• Membuat sebuah aplikasi adalah menciptakan artefak komputasional, baik itu hanya perangkat lunak, atau merupakan gabungan perangkat keras dan perangkat lunak(sebuah sistem komputer).

• Strategi algoritmik dan pemrograman terdiri atas : Berpikir komputasional, Algoritma pemrograman, Analisis data, dan Praktik Lintas Bidang. Pembelajaran diharapkan akan lebih bermakna karena kita akan memahami bahwa berpikir komputasional dapat menjadi dasar dari konstruksi algoritma. 

• Dampak Sosial Informatika dipakai sebagai wahana membentuk berpikir kritis terhadap sebuah kasus sosial timbul akibat penerapan teknologi. 

• Jaringan komputer dan internet tidak harus dipraktikkan, karena aspek praktis jaringan komputer merupakan ranah pendidikan vokasional. 

• Praktik Lintas Bidang dirancang untuk pengembangan aplikasi mobile yang dijalankan dengan smartphone atau gawai, berbasis Artificial Intelligence (AI) 

• Sebuah proyek analisis data tentang sebuah isu yang merupakan salah satu isu internasional. Diharapkan dapat memberikan gambaran tentang peran analisis daya, memahami apa yang terjadi dengan lebih akurat dalam mengambil keputusan yang tepat. 

• Informatika terdiri atas konsep dan praktik dengan harapan akan menjadi pengamanan belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan agar diterapkan dalam memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari.


Link Vidio : https://youtu.be/5e8H3hG0kW8?si=S3KpLkYP0yP4fFPp

Komentar

Postingan Populer