Pembahasan tes diagnostik

 1. Jaringan komputer adalah?

jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung atau terkoneksi antara satu dengan yang lain dan digunakan untuk berbagai sumber data. 

Sumber: https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi

2. LAN adalah

Jaringan Komputer LAN atau Local Area Network merupakan jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dalam suatu area yang relatif kecil seperti gedung, kampus, atau kantor. LAN memungkinkan komputer-komputer tersebut untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya secara efisien.


3. WAN adalah

WAN atau Wide Area Network adalah jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan LAN yang terpisah dalam suatu area yang lebih luas, seperti kota, negara, bahkan benua. WAN memungkinkan komputer-komputer tersebut untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya antar jaringan LAN yang berbeda. 

Sumber: https://it.telkomuniversity.ac.id/jaringan-wan-pengertian-manfaat-dan-tantangan-penggunaannya/

4. MAN adalah

MAN atau Metropolitan Area Network adalah jaringan komputer yang mencakup area yang lebih luas dari jaringan LAN, namun lebih kecil dibandingkan jaringan WAN. Jaringan MAN sering digunakan di wilayah perkotaan yang mencakup area yang lebih luas dari sekumpulan bangunan atau kampus universitas. 

Sumber: https://it.telkomuniversity.ac.id/jaringan-komputer-man/

5. Topologi jaringan adalah

Topologi jaringan komputer adalah metode atau cara yang digunakan agar bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bisa dengan menggunakan kabel atau pun nirkabel (tanpa kabel).

Sumber: https://diskominfo.kuburayakab.go.id/read/4/kenali-apa-itu-topologi-jaringan-dan-apa-saja-jenisnya-ayo-simak-lebih-lanjut

6. Topologi jaringan bus adalah

jenis topologi pada jaringan komputer yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya atau menggunakan kabel pusat sebagai tempat dimana semua client dan server dihubungkan.

7. Topologi jaringan star adalah

Topologi star adalah salah satu jenis topologi jaringan komputer di mana setiap perangkat terhubung ke satu titik pusat atau “hub”.

Sumber: https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-topologi-star-adalah/#:~:text=Topologi%20star%20adalah%20salah%20satu,hub%E2%80%9D%20atau%20%E2%80%9Cswitch%E2%80%9D.

8. Topologi jaringan ring adalah

adalah jenis topologi jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar seperti cincin.

Sumber: https://diskominfo.kuburayakab.go.id/read/4/kenali-apa-itu-topologi-jaringan-dan-apa-saja-jenisnya-ayo-simak-lebih-lanjut#:~:text=1.,yang%20berbentuk%20melingkar%20seperti%20cincin.

9. Pengkabelan jaringan cross adalah

Kabel Cross adalah jenis kabel yang susunan warnanya berbeda di setiap ujungnya. Fungsi kabel Cross digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama. 

Sumber: https://www.bhinneka.com/blog/urutan-warna-kabel-lan/

10. Pengkabelan jaringan straight adalah

 kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.

Sumber: https://www.smpn1payakumbuh.sch.id/berita/detail/97527/urutan-kabel-utp-straight-dan-cross-over/#:~:text=Kabel%20straight%20merupakan%20kabel%20yang,menghubungkan%202%20device%20yang%20berbeda.&text=Contoh%20penggunaan%20kabel%20straight%20adalah,Menghubungkan%20antara%20computer%20dengan%20switch

11. Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun jaringan komputer adalah

 yaitu : Komputer, Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner, Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi data didalam jaringan.

Sumber: http://bayoe.staff.uns.ac.id/files/2008/10/perangkat_keras_jaringan.pdf

12. Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk membangun jaringan komputer adalah

Perangkat lunak yang penting untuk disiapkan dalam pemasangan jaringan adalah sistem operasi.

Sumber: https://kumparan.com/how-to-tekno/perangkat-yang-dibutuhkan-jaringan-komputer-ini-daftarnya-21J5ZG0uFaf

13. Alamat IP adalah

Internet Protocol address adalah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi. 

Sumber: Alamat IP https://g.co/kgs/AtwpD57

14. DHCP adalah 

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah protokol standar yang ditentukan oleh RFC 1541 (yang digantikan oleh RFC 2131) yang memungkinkan server untuk mendistribusikan alamat IP dan informasi konfigurasi secara dinamis kepada klien. 

Sumber: Dasar-Dasar DHCP (Protokol Konfigurasi Host Dinamis) https://learn.microsoft.com/id-id/windows-server/troubleshoot/dynamic-host-configuration-protocol-basics

15. TCP/IP adalah

Transmission Control Protocol/Internet Protocol atau TCP/IP merupakan salah satu jenis protokol yang berguna untuk melakukan proses pertukaran data di antara perangkat yang saling terhubung. 

Sumber: https://cloudmatika.co.id/blog-detail/apa-itu-tcp-ip

16. HTTP adalah 

Hypertext Transfer Protocol atau disingkat HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk membantu proses pertukaran data dalam internet antar komputer satu dengan lainnya. 

Sumber: Protokol Transfer Hiperteks https://g.co/kgs/YfUHU83

17. HTTPS adalah 

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi aman dari protokol HTTP yang menggunakan SSL /TLS protokol untuk enkripsi dan otentikasi.

Sumber: Apa itu HTTPS? - SSL.com https://www.ssl.com/id/faqs/apa-itu-https/amp/

18. Switch/Hub adalah

Switch atau biasa disebut sebagai smart hub merupakan komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer agar dapat melakukan pertukaran paket, baik menerima data, memproses data, dan meneruskan ke perangkat lain. 

Sumber: https://m.kumparan.com/kabar-harian/mengenal-perbedaan-hub-dan-switch-dalam-jaringan-komputer-1xZAkp2sJoh#:~:text=Switch%20atau%20biasa%20disebut%20sebagai,dan%20meneruskan%20ke%20perangkat%20lain.

19. Router adalah

Router adalah perangkat yang memungkinkan beberapa perangkat bisa terhubung ke internet. Selain itu, Fungsi router yang lainnya adalah mengelola lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju.

Sumber: https://www.bhinneka.com/blog/fungsi-router/#:~:text=Router%20adalah%20perangkat%20yang%20memungkinkan,ke%20alamat%20IP%20yang%20dituju.

20. Firewall adalah

Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.

Sumber: https://kominfo.kotabogor.go.id/index.php/post/single/31#:~:text=Firewall%20adalah%20sebuah%20sistem%20atau,lintas%20jaringan%20yang%20tidak%20aman.

Komentar

Postingan Populer